Sabtu, 20 Oktober 2012

BIOLOGI IS FUN ! Cara Asyik Belajar Biologi

Mungkin bagi kamu para pelajar yg masih pusing nih cara belajar biologi yg simple, nih aku kasih tips buat temen-temen semua :
1.Artikan judul dari bab yg akan kita pelajari. Misalnya JARINGAN TUMBUHAN.Jaringan ialah kumpulan dari sel-sel yg sejenis. Tumbuhan adalah makhluk hidup yg berperan sebagai produsen di bumi ini. Jadi JARINGAN TUMBUHAN adalah : mempelajari jaringan-jaringan yang ada dalam tumbuhan.
2.Baca peta konsepnya dulu biar lebih mudah. Hal ini bertujuan agar kita mengerti tahap-tahap yg harus kita pelajari dalam materi tersebut. Kalo gak ada, yah buat aja peta konsepnya darijudul-judul besarnya.

3.Kata-kata penting dan istilah-istilah jangan dihapal, tapi harus dipahami. Misalnya Jaringan Meristem adalah jaringan yg bersifat embrional. Embrional artinya selalu berkembang, bertambah, membelah. Jadi jaringan meristem adalah jaringan yg selalu berkembang atau membelah.
4.Membuat skema materi yg menunjukkan bagian-bagian dari materi tersebut. Misal :
    Organ Tumbuhan :
Epidermis
Korteks
Endodermis
Perisikel
Phloem
Kambium
Xilem
Empelur

Nah, biar lebih gampang, kita buat jadi kalimat yg unik, biar gampang ingat :
E-kor-Endo-persis-paha-kambing-xi-Iem

 Nah, cuma itu aja yg saya tahu.Karna sayapun masih kelas 2 SMA.Kalau belajar itu sih, dibutuhkan cinta dan keseriusan dalam mempelajarinya. Kalau malah makin dibenci, yah makin susah toh. Jadi semua pelajaran itu jangan ada satupun yg dibenci, melainkan berusahalah untuk mencintainya. Saya tahu banyak orang yg gak suka sama Biologi karena banyak istilah-istilah asing dan bahasa Latinnya,dan banyak lagi materinya.
Sekian dari saya. Tetap berusaha dan jangan pernah menyerah. Salam manis untuk GENERASI MUDA INDONESIA.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar